05 April 2016

lomba kependudukan tingkat provinsi Jateng 2016


KETENTUAN
I. LATAR BELAKANG
Perubahan Visi Program KB Nasional dari "Penduduk Tumbuh Seimbang tahun 2015" dan Misi "Mewujudkan Pembangungan Berwawasan Kependudukan dan Mewujudkan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera", menjadi "lembaga yang handal dan dipercaya dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas" dengan misi:
  • Mengarus-utamakan pembangunan berwawasan kependudukan
  • Menyelenggarakan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi
  • Memfasilitasi pembangunan keluarga
  • Mengembangkan jejaring kemitraan dalam pengelolaan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga
  • Membangun dan menerapkan budaya kerja organisasi secara konsisten
Disamping hal tersebut, juga mengalami perubahan pada lingkungan strategis dalam pengelolaan Program KB Nasional, seperti Globalisasi, penegakan HAM, transparansi, akuntabilitas dan good governance juga mewarnai perjalanan program ke depan. Untuk mengantisipasi perubahan tersebut pengelolaan Program KKB perlu menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada yaitu dengan melakukan perubahan mendasar melalui perubahan manajemen dan strategi penggarapan program. Strategi penggarapan telah dimulai dengan merumuskan kembali visi dan misi BKKBN tersebut di atas yang dijabarkan ke dalam grand strategy.
Masalah kependudukan dan keluarga berencana merupakan masalah bersama yang harus segera dipecahkan karena memiliki dampak yang besar dan memiliki pengaruh terhadap seluruh aspek kehidupan. Jika jumlah penduduk tidak dapat dikendalikan dan jumlahnya terus bertambah, maka akan mendatangkan masalah didalam aspek kehidupan lainnya. Jumlah penduduk yang tinggi dan berkualitas terbukti menjadi modal pembangunan, dan jumlah penduduk yang besar tetapi tidak berkualitas menjadi beban pembangunan.

II. TUJUAN
Tujuan pelaksanaan lomba adalah untuk:
  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman remaja khususnya dan masyarakat umumnya tentang Program Kependudukan dan KB Nasional.
  2. Meningkatkan minat baca dan kreatifitas menulis bagi mahasiswa, pelajar, dan para remaja tentang Program Kependudukan dan KB Nasional.

III. TEMA DAN TOPIK
Tema Lomba Kependudukan tahun 2016 ini adalah Kependudukan Indonesia (untuk empat jenis lomba)
Topik Lomba Kependudukan tahun 2016 adalah Pengaruh Pertambahan Penduduk terhadap Keseimbangan Lingkungan dan Kelestarian Alam

IV. WAKTU PELAKSANAAN


  • Pelaksanaan lomba dimulai sejak dikeluarkannya surat edaran ini di seluruh Kab/Kota dan PTN/PTS se Jawa Tengah sampai dengan minggu ke IV bulan April 2016
  • Pelaksanaan seleksi / lomba di Tk. Provinsi Minggu I Bulan Mei 2016
  • Pelaksanaan lomba di Tk. Nasional Bulan Juni - Juli 2016

V. KRITERIA PESERTA LOMBA KEPENDUDUKAN

1. Lomba Pidato Kependudukan
Syarat dan ketentuan lomba sbb:

a. Peserta dibagi dalam 2 kategori
  • Remaja (Pelajar, masyarakat umum, umur 15 - 19 tahun)
  • Dewasa Muda (Mahasiswa/i, masyarakat umum, umur 20 - 24 tahun)
b. Penulisan naskah pidato menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
c. Tema Pidato mengenai "Kependudukan Indonesia" dengan target pendengar sesuai dengan kategori yang dipilih. Topik Pidato "Pengaruh pertambahan penduduk terhadap keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam."
d. Durasi lomba pidato kependudukan minimal 6 menit dan maksimal 8 menit. Diharapkan isi pidato mencakup Persoalan Kependudukan di Indonesia dan Solusi yang ditawarkan.
e. Penilaian meliputi teknik berpidato dalam bahasa Indonesia, dengan pengucapan yang jelas, bisa disertai dengan contoh lucu, atau kisah nyata yang dianggap perlu.
f. Dalam lomba ini, keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

2. Lomba Komik
Syarat dan ketentuan lomba sbb:

a. Peserta dari Mahasiswa/i dan masyarakat umum, umur 20 - 24 tahun
b. Tema lomba komik tentang "Kependudukan Indonesia", dengan topik "Pengaruh pertambahan penduduk terhadap keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam."
c. Penulisan maupun gambar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
d. Lembar komik minimal 24 lembar, ukuran kertas A4, dan diharapkan tulisan maupun gambar mencakup Persoalan Kependudukan di Indonesia dan Solusi.
e. Penilaian meliputi cara penulisan maupun gambar dengan bahasa Indonesia sesuai ejaan yang disempurnakan, sistematika penyampaian, serta ide kreatif yang dikemukakan.
f. Dalam lomba ini keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

3. Lomba Film Pendek
Syarat dan ketentuan lomba sbb:

a. Peserta dari Mahasiswa/i dan masyarakat umum, umur 20 - 24 tahun
b. Tema lomba film pendek tentang "Kependudukan Indonesia", dengan topik "Pengaruh pertambahan penduduk terhadap keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam."
c. Penulisan naskah film pendek menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
d. Durasi untuk rekaman VCD lomba film pendek minimal 10 menit dan maksimal 15 menit. Diharapkan isi film pendek mencakup Persoalan Kependudukan di Indonesia dan Solusi.
e. Penilaian meliputi cerita film disertai dengan contoh lucu, atau kisah nyata yang dianggap perlu
f. Dalam lomba ini keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

4. Lomba Blog Kependudukan
Syarat dan ketentuan lomba sbb:

a. Peserta dari Mahasiswa/i dan masyarakat umum, umur 20 - 24 tahun

b. Tema penulisan blog tentang "Kependudukan Indonesia", dengan topik "Pengaruh pertambahan penduduk terhadap keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam."
c. Penulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
d. Tulisan terpasang pada blog dengan segala variasi rubrik, serta tampilan artistik dan kemudahan mengakses, diharapkan tulisan mencakup Persoalan Kependudukan di Indonesia dan Solusi yang ditawarkan.
e. Penilaian meliputi cara penulisan dengan bahasa Indonesia sesuai dengan ejaan yang disempurnakan, sistematika penyampaian, serta ide kreatif yang dikemukakan, utamanya bentuk visual, tampilan, baik dengan gambar ilustrasi maupun foto terkait. Termasuk interaksi dengan pengguna.
f. Dalam lomba ini keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

5. Ketentuan lain

  1. Inventarisasi nama-nama peserta lomba kependudukan dari kab/kota maupun PTN/PTS harus sudah masuk di Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Prov. Jawa Tengah Jl Pemuda no 79 Semarang pada Minggu IV Bulan April 2016 dan bisa dikirim melalui pos atau email bpk Sukartono ( mrsukartono@yahoo.com Telp. 08122827317 ) atau Ibu Esterlina Kusumastuti ( esterlina.kusumastuti.ek@gmail.com Telp. 081344371407 )
  2. Dengan dilampirkan naskah pidato, komik, rekaman film (video) serta blog sesuai dengan jenis lomba yang diikuti.
  3. Pelaksanaan seleksi / lomba kependudukan di tingkat provinsi akan dilaksanakan pada Minggu II Bulan Mei 2016
  4. Nama-nama peserta lomba hasil seleksi di tingkat provinsi dan lampiran naskah pidato, komik, rekaman film serta blog (sesuai dengan jenis lomba diikuti) akan dikirimkan ke Tingkat Pusat pada Minggu ke III Bulan Mei 2016 untuk mengikuti lomba di tingkat nasional.
  5. Pelaksanaan lomba kependudukan di tingkat nasional direncanakan pada bulan Juni - Juli 2016
  6. Untuk keterangan lebih jelas, diharapkan menghubungi bpk Sukartono atau Ibu Esterlina Kusumastuti (alamat email dan nomor telepon sebagaimana tertulis diatas)
  7. Sedangkan lomba film pendek dan lomba blog: rekaman film pendek (video) yang disertai naskah bisa juga dikirimkan langsung melalui email atau per pos ke pihak Arswendo Atmowiloto ( Atmochademas@yahoo.com / sonywibisonoaja@gmail.com ) Jl. M. Saidi 34 A, Petukangan Selatan - Jakarta 12270, (tembusan disampaikan ke Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah).
VI. PENUTUP
Demikian untuk dapat dijadikan pedoman

1 komentar:

Cak Kriwul mengatakan...

Wah, saya sudah mengincar sayembara blog kependudukan sejak dua bulan yang lalu. Berikut hasilnya: inspirasitriloginegeri.blogspot.com

Mohon berkunjung dan memberikan tanggapan.
Terimakasih

Posting Komentar

Kami mengajak pembaca untuk berkomentar di artikel ini. Berkomentarlah secara bijak.

Klik Like! : Apakah anda tertarik dengan blog ini?