05 Agustus 2015

Gaya Komunikasi kepada Remaja dalam Program Genre

Cara Orang Tua Mengkomunikasikan Program GenRe kepada Anaknya yang Remaja

"Mama curiga kamu pakai narkoba! Tiap pulang ke rumah langsung ngurung diri di kamar, lalu ngunci pintu kamar!"
"Antoon, sana ke warung dulu gih! Ayah belikan rokok, terus langsung pulang, belajar ya di rumah biar nilaimu nanti di sekolah tidak membuat malu ayah. Ayah juga sudah mengundang guru les bahasa Inggris, bentar lagi dia juga dah datang."

Apa yang Anda bayangkan dari gaya komunikasi dua buah contoh di atas?
Tulis pendapatmu di kotak komentar di sini.
Remaja seringkali tidak cocok diajak berkomunikasi dengan gaya orang tua yang memerintah, mengatur, melarang, dan berkata kasar. Bila itu dilakukan remaja akan memandang orang tuanya sebagai sosok yang mengancam dan juga dianggap tidak mengerti pribadi remaja. 
Orang tua bila menginginkan anak remajanya melakukan sesuatu, atau ingin memerintah anaknya, maka bukan gaya tukang perintah yang diperlihatkan ke anak. Bukan pula menjadi tukang larang bila ingin mencegah anaknya melakukan hal tercela. Sesekali memerintah berbeda dengan bergaya memerintah. Bergaya memerintah diartikan sering menggunakan kalimat-kalimat perintah dalam komunikasinya. Perlu ada bentuk kalimat yang lain dalam hal memerintah atau melarang agar terjadi variasi gaya komunikasi orang tua kepada anaknya yang masih remaja.
Untuk itu, orang tua dapat berperan atau bergaya layaknya seperti seorang teman bagi anak remaja. Dengan gaya ini orang tua dapat mengajak anaknya berkomunikasi dengan santai, tidak senantiasa memberikan penilaian, tidak membuat kesan menggurui, dan anaknya yang remaja itupun akan merasa lebih nyaman dan aman ketika mendengarkan orang tua bercakap.
Pembaca, lantas apa pendapat dan idemu terkait cara orang tua menyampaikan program GenRe bagi anaknya? Tulis di kotak komentar ya!

0 komentar:

Posting Komentar

Kami mengajak pembaca untuk berkomentar di artikel ini. Berkomentarlah secara bijak.

Klik Like! : Apakah anda tertarik dengan blog ini?