22 Maret 2014

Merebaknya KIE Online

Salam Program KB!
Para penggerak program kependudukan dan KB saat ini semakin lincah dan kreatif saja sepak terjangnya. Di dunia internet tak kecuali, para penggerak ini mulai hadir di ratusan (atau bahkan ribuan) blog bertemakan kependudukan, keluarga berencana, dan program GenRe remaja. Akun-akun facebook pun menurut pengamatan penulis, makin aktif mengkampanyekan materinya. Sebut saja akun dengan nama Habriah Plkb
belum begitu lama ini aktif memposting tulisan-tulisan menarik terkait program KB. Tak tanggung-tanggung ibu Habriah yang bertugas di Palopo ini merilis blog pribadinya beralamat http://pkbhabriah.blogspot.com untuk menampung beragam artikel, berita, dan materi lainnya.
Sobat Genre (sapaan akrab dari kami untuk Anda, sobat pembaca buletin online Genta Genre), para penggerak progam KB gigih mengerjakan tugas maupun passionnya ini. Ada yang mengkampanyekan program ini lantaran tugasnya, tapi ada pula yang mengerjakannya dengan sungguh-sungguh lantaran panggilan hatinya, menjadi hobi, maupun melihat peluang bisnis atau peluang amal ibadah dari program KB.
Mengapa program KB getol dikampanyekan?
Mungkin pertanyaan itu sempat mampir di benak anda. Beragam alasan telah kami tampilkan di blog ini, Anda bisa membacanya pada artikel-artikel bertema: "pandangan islam", "peran suami", "ledakan penduduk", "misi mulia MDGs", "menaikkan IPM", dan "pekerjaan rumah bagi pemerintah".

Lantas, semangat apakah yang telah melatarbelakangi para penggerak program KB sehingga mereka getol terjun di bidangnya? Menurut hemat penulis, para penggerak ini begitu akrab dengan istilah KIE dan Advokasi. Dan KIE inilah yang membentuk budaya kerja mereka. Sedangkan advokasi telah melebarkan dan memudahkan program KB menjadi gaung dan gema dalam ranah program-program serumpun.
Apa itu KIE?

KIE adalah kependekan dari Komunikasi, Informasi dan Edukasi, atau dalam istilah bahasa inggris disebut Information, Education and Communication (IEC).

Singkatnya, KIE adalah suatu upaya dalam penyampaian informasi dan program yang bermanfaat bagi klien/masyarakat.
Masyarakat tidak hanya bisa dijumpai di pertemuan-pertemuan tatap muka nyata (offline), masyarakat atau klien sekarang juga rutin menyambangi laman-laman online. Maka, lumrah kiranya bila KIE online telah merebak sedemikian luasnya.
Sobat Genre, contoh bersemangatnya gerakan para penggerak KB, salah satunya, nampak dari organisasi nirlaba Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) se-Jawa Tengah yang telah mempublikasikan 36 situs blog. Di tingkat kepengurusan provinsi Jawa Tengah, website IPKB dapat diakeses dengan mengetikkan alamat http://ipkbjateng.web.id  Sementara itu, untuk menuju 35 situs lainnya, anda cukup menambahkan nama kabupaten/kota di depan domain ipkbjateng.web.id 
Contohnya, untuk website IPKB kabupaten Semarang maka alamat online-nya adalah http://semarang.ipkbjateng.web.id
Laman resmi IPKB kabupaten Jepara di http://jepara.ipkbjateng.web.id begitu juga untuk nama-nama IPKB cabang kabupaten lain di Jawa Tengah.
Khusus untuk kota madya, ingat Jawa Tengah memiliki 6 kota madya (atau sekarang disebut dengan "kota"), tambahkan kata "kota" sebelum nama kota tersebut, berikut contohnya, http://kotasemarang.ipkbjateng.web.id
Terbukti, semangat mereka dalam menggerakkan program KB mulai nampak nyata di dunia maya. Yang kami sebutkan diatas baru contoh kecil. Bisa dikata baru sebatas ruang lingkup IPKB di Jawa Tengah, belum disebutkan disini provinsi lain. Bahkan para penggerak program KB yang kita tahu tidak hanya sebatas IPKB, tetapi juga ada Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB), SKPD yang membidangi, organisasi sekaliber IDI, IBI, dan PKBI juga punya andil nyata bagi kampanye program KB ini. Masih banyak juga person yang mengelola blog personalnya untuk memberi kontribusi, tidak terbatas pada blognya Ibu Habriah saja.
Demikianlah KIE telah menjadi budaya mereka baik di offline maupun online. (-Redaksi-)

0 komentar:

Posting Komentar

Kami mengajak pembaca untuk berkomentar di artikel ini. Berkomentarlah secara bijak.

Klik Like! : Apakah anda tertarik dengan blog ini?